Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung

Pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman jagung

Pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman jagung

Suhu tinggi mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam berbagai cara. Yang paling jelas adalah efek panas pada fotosintesis, di mana tanaman menggunakan karbon dioksida untuk menghasilkan oksigen, dan respirasi, proses yang berlawanan di mana tanaman menggunakan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida.

Apa iklim yang cocok untuk pertumbuhan tanaman jagung?

Beriklim subtropis atau tropis dan didaerah terletak antara 0-500 LU hingga 0-400 LS. Curah hujan ideal adalah 85-200 mm/bulan dan harus merata. Tanaman jagung tidak ternaungi, agar pertumbuhan tidak terhambat atau merusak biji bahkan tidak membentuk buah.

Bagaimana pengaruh kelembaban udara terhadap pertumbuhan tanaman?

Kelembaban udara akan berpengaruh terhadap laju penguapan atau transpirasi. Jika kelembaban rendah, maka laju transpirasi meningkat dan penyerapan air dan zat-zat mineral juga meningkat. Hal itu akan meningkatkan ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman.

Di mana tanaman jagung bisa tumbuh subur?

Tanaman jagung dapat tumbuh hampir disemua jenis tanah, Jagung akan lebih baik pada tanah yang subur, gembur dan kaya akan humus serta aerasi dan drainase yang baik. Pada tanah yang memiliki kandungan debu yang banyak mengandung hara dan humus merupakan tanah yang baik untuk tanaman jagung.

Apakah suhu mempengaruhi pertumbuhan?

Suhu memiliki pengaruh penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama dalam beberapa proses fisiologis di bawah ini: Buka dan menututupnya stomata. Kinerha enzim. Transpirasi.

Bagaimana pengaruh suhu diatas 40 derajat Celcius terhadap pertumbuhan tanaman?

Adapun tumbuhan tidak akan bertahan pada suhu di bawah 0 °C dan di atas 40 °C.

Berapakah temperatur yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman jagung yang optimal?

Suhu yang dikehendaki tanaman jagung antara 21-34O C, akan tetapi bagi pertumbuhan tanaman yang ideal memerlukan suhu optimum antara 23-27O C. Pada proses perkecambahan benih jagung memerlukan suhu yang cocok sekitar 30O C.

Mengapa iklim sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?

Ya, keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Hal ini karena tanaman dalam hidupnya dipengaruhi oleh kondisi suhu, curah hujan, ketinggian dan jenis tanah tertentu.

Apa pengaruh iklim terhadap pertumbuhan tanaman?

Keadaan iklim yang terjadi pada suatu daerah dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang menyebabkan naik turunkan produktivitas. Terkait kondisi iklim, petani sebagai tokoh sentral pertanian perlu mengetahui tanaman yang sesuai dengan iklim di daerah mereka.

Apa fungsi suhu pada tanaman?

Selain air, cahaya, maupun pupuk dan sebagainya, suhu memiliki pengaruh yang tidak kalah penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dilansir dari beragam sumber, Kamis, (10/12/2020), suhu mempunyai pengaruh terhadap laju metabolisme, fotosintesis, respirasi, dan transpirasi tumbuhan.

Bagaimana pengaruh suhu terhadap kelembaban?

Kelembaban relatif udara berubah berbanding terbalik dengan perubahan suhu udara, yaitu bila udara dingin maka kelembaban meningkat dan bila udara panas maka kelembaban menurun.

Mengapa Kelembaban udara merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan?

karena kelembapan menunjukkan kandungan air di tanah dan udara. Bila kelembapan rendah,transpirasi akan meningkat sehingga penyerapan air dan mineral semakin banyak. Keadaan ini dapat memicu laju pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Berapa suhu tempat hidup jagung?

Suhu udara untuk tanaman tropis berkisar antara 15-40°C dan suhu udara yang dibutuhkan tanaman jagung untuk berkembang dengan baik berkisar antara 21-28°C.

Apa syarat agar produksi tanaman jagung optimal dan stabil?

Namun, untuk hasil produksi yang lebih baik, tanaman jagung akan optimal jika dibudidayakan di tanah yang subur, kaya humus, gembur, dan mengandung kapur. Tanaman jagung membutuhkan air yang harus selalu tersedia namun tidak terlalu menggenang.

Apa syarat tumbuh tanaman jagung?

Tanaman jagung memiliki beberapa syarat tumbuh yang akan menunjang produktivitas dan hasil panen diantaranya adalah tanah yang gembur dan kaya akan humus menjadikan tanaman jagung tumbuh dengan optimal, dan dengan derajat keasamaan (pH) tanah antara 5,5 – 7,5, dengan kedalaman air tanah 50 – 200 cm dari permukaan tanah

Kenapa suhu mempengaruhi perkecambahan?

Suhu mempunyai peranan penting dalam proses perkecambahan karena suhu mem- pengaruhi berbagai reaksi kimia yang terjadi selama proses perkecambahan benih. Dalam hal ini suhu berfungsi dalam mengaktifkan kerja enzim yang berperan dalam proses perkecam- bahan, diantaranya amilase, lipase, dan proteinase.

Apa yang terjadi jika tanaman tidak terkena sinar matahari?

Lalu, apa yang terjadi jika tanaman tidak mendapatkan sinar matahari? Ketika tanaman kekurangan sinar matahari, mereka biasanya akan tumbuh lebih cepat dengan meregangkan batangnya untuk mencari cahaya. Hal ini disebut proses etiolasi yang merupakan mekanisme pertahanan hidup.

Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman jelaskan?

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman:

  • Kelompok faktor bahan tanaman (keturunan, kemurnian dan daya tumbuh)
  • Kelompok faktor esensiil (cahaya,air, unsur hara)
  • Kelompok faktor iklim (hujan, suhu udara, kelembaban udara, angin, cahaya dan panjang hari)
  • Kelompok faktor gangguan (hama, penyakit dan gulma)

Apakah suhu mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tanaman?

Temperatur sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang tolo (Vigna sp.). Pertumbuhan tanaman akan optimal pada suhu optimum pertumbuhannya. Adanya kenaikan atau penurunan suhu lingkungan akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkmembangannya. Kata Kunci: Temperatur, Pertumbuhan, Vigna sp.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan suhu maksimum?

Suhu maksimum adalah suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya Gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Dilansir dari www.bmkg.go.id, suhu maksimum mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

10 Pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman jagung Images

Etapas Del Crecimiento De La Planta De Maz en 2020  Planta de maz

Etapas Del Crecimiento De La Planta De Maz en 2020 Planta de maz

Bawang Daun Fragrant Untuk Dataran Rendah  Benih Bawang Petani

Bawang Daun Fragrant Untuk Dataran Rendah Benih Bawang Petani

Sejarah Lampu Pijar Lampu Neon dan Lampu LED lampuledlampujalan

Sejarah Lampu Pijar Lampu Neon dan Lampu LED lampuledlampujalan

BIL 226  Lecture Four  Germination Biology plants Seed germination

BIL 226 Lecture Four Germination Biology plants Seed germination

7 Fakta Menarik Tanaman Rambat Terpopuler Tanaman Lee Kwan Yew

7 Fakta Menarik Tanaman Rambat Terpopuler Tanaman Lee Kwan Yew

SOP kebutuhan nutrisi tomat hidroponik  Hidroponik Petani Nutrisi

SOP kebutuhan nutrisi tomat hidroponik Hidroponik Petani Nutrisi

Grafik disamping merupakan grafik antara panjang gelombang pada

Grafik disamping merupakan grafik antara panjang gelombang pada

daur hidup Tumbuhan Berbiji Tertutup Angiospermae  Biology Plant

daur hidup Tumbuhan Berbiji Tertutup Angiospermae Biology Plant

LKPD Reproduksi Generatif Angiospermae  Ficha interactiva  Ipa Sains

LKPD Reproduksi Generatif Angiospermae Ficha interactiva Ipa Sains

Post a Comment for "Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung"